Sedikit Pengetahuan Tentang RPL ne gan..
Rekayasa Perangkat Lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
Pengertian dan
tujuan RPL
Pengertiaan
dan Definisi
Menurut Wikipedia : Rekayasa perangkat lunak adalah satu bidang profesi yang mendalami
cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen
organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
Menurut IEEE Computer Society : Rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.
Menurut IEEE Computer Society : Rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.
Rekayasa Perangkat Lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
Tujuan Rekayasa
Perangkat Lunak
Secara lebih
khusus kita dapat menyatakan tujuan dan Rekaya Perangkat Lunak ini adalah:
1. Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
2. Menghasilkan pereangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu
3. Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis
platform
4. Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah
Kriteria Dalam
Merekayasa Perangkat Lunak
1. Dapat terus dirawat dan dipelihara (maintainability)
2. Dapat mengikuti perkembangan teknologi (dependability)
3. Dapat mengikuti keinginan pengguna (robust).
4. Efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya.
5. Dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan (usability).
Ruang Lingkup Rekayasa
Perangkat Lunak
1. Software Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan
persyaratan perangkat lunak.
2. Software desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar
muka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak.
3. Software construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat
lunak, termasuk. algoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan.
4. Software testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat
lunak.
5. Software maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak
telah dioperasikan.
6. Software configuration management berhubungan dengan usaha perubahan
konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
7. Software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran
RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
8. Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang
alat bantu dan metode RPL.
Rekayasa Perangkat
Lunak dan Disiplin Ilmu Lain
Cakupan ruang
lingkup yang cukup luas, membuat RPL sangat terkait dengan disiplin dengan
bidang ilmu lain. tidak saja sub bidang dalam disiplin ilmu komputer namun
dengan beberapa disiplin ilmu lain diluar ilmu komputer.
|
Keterkaitan RPL dengan bidang ilmu lain
|
· Bidang ilmu manajemen meliputi akuntansi, finansial, pemasaran, manajemen
operasi, ekonomi, analisis kuantitatif, manajemen sumber daya manusia,
kebijakan, dan strategi bisnis.
· Bidang ilmu matematika meliputi aljabar linier, kalkulus, peluang,
statistik, analisis numerik, dan matematika diskrit.
· Bidang ilmu manajemen proyek meliputi semua hal yang berkaitan dengan
proyek, seperti ruang lingkup proyek, anggaran, tenaga kerja, kualitas,
manajemen resiko dan keandalan, perbaikan kualitas, dan metode-metode kuantitatif.
0 komentar:
Posting Komentar